Sanlat 2023

Cinta Ramadan di Sanlat 2023

Jakarta, 12 April 2023. Banyak kegiatan menarik dan ladang mencari keberkahan serta pahala yang dapat ditemui di bulan Ramadan. Satu diantaranya adalah kegiatan rutin di sekolah-sekolah tiap Ramadan tiba, yaitu pesantren kilat atau sering disebut sanlat. Kegiatan sanlat ini umumnya hanya ada di waktu Ramadan dan juga hanya ditemukan di sekolah-sekolah. Sanlat atau pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk lebih memantapkan pembinaan keagamaan, keimanan dan ketakwaan saat bulan Ramadan. Dengan tujuan itu, maka sanlat bisa menjadi kegiatan ataupun aktivitas untuk memperdalam ilmu agama diluar kegiatan rutin rohis sekolah.

SLB Negeri 11 Jakarta pun turut mengadakan kegiatan sanlat Ramadan dengan suka cita dan cinta. Sanlat ini menjadi program wajib setiap Ramadan tiba. Tahun ini sedikit berbeda, sekolah melaksanakan sanlat dibagi menjadi 2 tempat. Untuk jenjang SDLB, sanlat dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari Kamis 13 April dan Jumat 14 April di musolah sekolah. Kegiatan Sanlat ini di koordinatori oleh Bu Aini untuk SDLB.

Sedangkan untuk jenjang SMPLB dan SMALB melaksanakan kegiatan sanlat di lorong lantai 3 yang dimulai dari hari Rabu sampai Jumat 12 s/d 14 April. Sanlat dimulai dengan pembukaan di hari pertama oleh Pak Ngadiran sebagai Waka Kesiswaan dan Pak Tugiro sebagai ketua kegiatan. Koordinator pelaksana sanlat SMPLB dan SMALB dimotori oleh Pak Ardy. Setelah itu hari pertama dimulai dengan bersolawat bersama yang dilanjutkan dengan salat duha dan tadarus bersama. Kegiatan pembiasaan seperti solawat, salat duha dan tadarus, rutin dilakukan selama 3 hari sanlat sebelum masuk ke materi keagamaan. Materi hari pertama tentang hukum syariat berpuasa yang dibawakan oleh Pak Ardy, Bu Yeni dan Bu Yesa. Dan hari pertama ditutup dengan doa-doa pendek harian yang dipimpin oleh Bu Aro.

Pada hari kedua, materi dibawakan oleh Pak Ardy, Pak Darma dan Bu Yeni tentang mengenal Rasulullah dan akhlak mulianya. Dan hari kedua ditutup dengan membaca doa-doa pendek harian yang dipimpin oleh Pak Haikal. Hal yang menarik selama dua hari kegiatan salat ini adalah antusias peserta didik dalam mengikuti materi-materi keagamaan yang disampaikan oleh guru-gurunya. Terlebih antusias peserta didik saat diberikan jawaban-jawaban pertanyaa yang terkait materi. Peserta didik berlomba-lomba untuk dapat menjawab pertanyaan demi mendapatkan reward dari guru-gurunya. Keseruan lainnya pun ditunjukkan oleh peserta didik yang berani tampil ke depan untuk membaca solawat dan memimpin tadarus surat-surat pendek.

Tidak kalah menarik di dua hari awal, pada hari ketiga, hari terakhir sanlat peserta didik dan guru-guru bersama-sama membuat prakarya kreatif berupa kartu ucapan Hari Raya Idulfitri. Prakarya kartu ucapan tersebut dibuat dari kertas hvs warna-warni dan dibentuk serta dihias dengan kreatif oleh para peserta didik dan guru-gurunya. Ramadan memang selalu memberikan cerita seru tiap tahunnya, semoga kita semua masih dapat berjumpa kembali di Ramadan berikutnya. Jadi, bagaimana keseruan Ramadan kamu? Tulis di kolom komentar, ya. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top