Kegiatan Ekstrakulikuler

PRAMUKA

Pramuka

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat populer di sekolah yang dilaksankan setiap hari Rabu. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa, tetapi juga membentuk karakter positif dan keterampilan yang akan berguna dalam kehidupan mereka di masa depan. Berikut ini merupakan deskripsi tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah:

Pramuka secara aktif mendorong pengembangan kepemimpinan dan rasa kepedulian sosial melalui berbagai kegiatan bakti sosial, kerja sama tim, dan kepemimpinan di lapangan.

Kegiatan pramuka di sekolah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun solidaritas sosial dan persahabatan melalui kebersamaan dalam menjalani berbagai tantangan dan kegiatan.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan pengembangan diri, kerja sama, kemandirian, kecerdasan spiritual, dan keterampilan sosial.

Pramuka sering mengadakan kegiatan eksplorasi alam seperti perkemahan, hiking, dan kegiatan petualangan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjalin keterikatan siswa dengan alam dan mengembangkan keterampilan bertahan hidup.

Melalui kegiatan pramuka, siswa diajarkan keterampilan praktis seperti memasak di alam terbuka, membuat tenda, pertolongan pertama, dan navigasi.

Menggambar

Kegiatan ekstrakurikuler menggambar di sekolah merupakan wadah yang memungkinkan siswa untuk mengekspresikan kreativitas dan bakat seni mereka. Kegiatan ekstrakurikuler menggambar di sekolah tidak hanya memfasilitasi pengembangan keterampilan seni, tetapi juga memberikan siswa pengalaman yang kaya dan mendalam dalam dunia seni rupa. Berikut adalah deskripsi tentang kegiatan ini:

Kegiatan ekstrakurikuler menggambar mencakup pengajaran teknik dasar menggambar, seperti proporsi, shading, dan perspektif, serta pemahaman tentang berbagai media seni seperti pensil, pensil warna, cat air, dan lainnya.

Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, menjelajahi beragam gaya seni, dan mengekspresikan ide dan emosi mereka melalui medium visual.

Melalui pameran hasil karya, siswa memiliki kesempatan untuk memamerkan dan berbagi karya seni mereka dengan teman-teman sekelas, guru, dan bahkan masyarakat sekolah. Ini membantu meningkatkan kepercayaan diri dan apresiasi terhadap seni.

Seringkali, kegiatan ini menyertakan penghargaan dan kompetisi untuk mengakui prestasi seni siswa, mendorong motivasi, dan meningkatkan ambisi dalam meraih kesempurnaan dalam seni.

Menyanyi

Kegiatan ekstrakurikuler menyanyi di sekolah dilaksanakan setiap hari Selasa yang memberikan siswa kesempatan untuk mengekspresikan bakat musik mereka dan mengembangkan keterampilan vokal. Kegiatan ekstrakurikuler menyanyi di sekolah memberikan siswa kesempatan untuk menikmati musik, mengekspresikan diri mereka melalui vokal, dan mengembangkan keterampilan yang dapat mereka gunakan sepanjang kehidupan mereka. Berikut adalah deskripsi tentang kegiatan ini:

Melalui latihan dan penampilan di depan teman sekelas dan guru, siswa dapat mengembangkan kemandirian dan peningkatan rasa percaya diri dalam berbicara di depan publik.

Kegiatan ekstrakurikuler ini mencakup pelatihan vokal, latihan pernafasan, teknik vokal, dan pembentukan nada. Siswa diajarkan untuk menyanyi dengan kontrol yang baik dan ekspresi yang tepat.

Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi beragam genre musik, dari pop, jazz, rock, hingga musik klasik, yang memungkinkan mereka untuk melatih fleksibilitas vokal dan ekspresi artistik.

Kegiatan ini juga termasuk persiapan untuk pertunjukan seperti konser sekolah, kompetisi paduan suara, dan pertunjukan musikal. Hal ini memberikan pengalaman nyata dalam bekerja dalam kelompok dan tampil di depan umum.

Menari

Kegiatan ekstrakurikuler menari di sekolah yang dilaksanakan setiap hari Kamis, memungkinkan siswa untuk mengekspresikan diri mereka melalui gerakan tubuh dan musik. Kegiatan ekstrakurikuler menari di sekolah tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar tari, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri, memperkuat kesehatan fisik, dan menikmati keindahan seni tari. Berikut adalah deskripsi tentang kegiatan ini:

Siswa akan belajar berbagai teknik menari mulai dari langkah dasar hingga koreografi yang lebih kompleks, melalui latihan yang terstruktur dan bimbingan dari instruktur menari.

Kegiatan menari memungkinkan siswa untuk menjelajahi beragam genre tari mulai dari tari tradisional hingga tari modern, memberi mereka pengalaman yang meluas dalam bidang seni tari.

Siswa akan terlibat dalam persiapan pertunjukan seperti pementasan tari, kompetisi menari, dan festival seni yang memungkinkan mereka untuk mengalami suasana latihan dan penampilan yang nyata.

Aktivitas menari juga membantu siswa dalam meningkatkan kesehatan fisik dan kebugaran, karena menari melibatkan gerakan tubuh yang aktif dan ritmik.

Siswa belajar bekerja sama dalam grup untuk menciptakan koreografi, membangun kerja tim, dan mengembangkan kreativitas mereka dalam menyampaikan narasi melalui gerakan tubuh.

Pantomim

Kegiatan ekstrakurikuler pantomim di sekolah luar biasa memberikan siswa kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui gerakan tubuh dan mimik wajah. Kegiatan ekstrakurikuler pantomim di sekolah luar biasa memberikan siswa pengalaman yang kaya dalam seni teater tubuh, yang tidak hanya memperkaya kehidupan mereka, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan ekspresi emosional. Berikut adalah deskripsi tentang kegiatan ini:

Melalui latihan rutin, siswa belajar mengontrol gerakan tubuh dan ekspresi wajah untuk menyampaikan pesan tanpa menggunakan kata-kata, sehingga meningkatkan keterampilan komunikasi nonverbal mereka.

Pantomim merupakan seni ekspresi tubuh tanpa menggunakan kata-kata. Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk mengungkapkan emosi, cerita, dan konsep dengan gerakan tubuh, mimik wajah, dan ekspresi penuh makna.

Kegiatan pantomim mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam membuat pementasan, membangun kisah, dan mengekspresikan ide kreatif mereka, sehingga mengembangkan keterampilan kolaboratif dan menjadi sarana ekspresi kreatif.

Melalui interpretasi dan penampilan seni, siswa memiliki kesempatan untuk memahami dan mengekspresikan emosi mereka dengan lebih baik, sehingga membantu dalam pengembangan kecerdasan emosional mereka

Kegiatan ini juga mencakup persiapan pertunjukan dan pameran hasil karya pantomim, yang memberikan siswa kesempatan untuk tampil di depan publik dan berbagi karya seni mereka.

Video

Galeri Ekstrakurikuler

Scroll to Top